Cara Screenshot di Komputer Windows Menggunakan ShareX

Mau coba menggunakan program aplikasi screenshot gratis tapi bisa menikmati fitur cukup lengkap, gunakan saja salah satu aplikasi screenshot yaitu ShareX, yang dapat didownload disitus https://getsharex.com.

Cara Screenshot di Komputer Windows Menggunakan ShareX

ShareX dapat digunakan untuk mengambil screenshot layar penuh atau sebagian, seperti penangkapan gambar persegi panjang didalam layar, serta mampu merekam video menggunakan FFmpeg. Tampilan layar yang diambil dapat dijelaskan dan diedit menggunakan editor gambar bawaan ShareX atau dapat dimodifikasi menggunakan menu anotasi efek gambar.

Hasil tangkapan layar juga dapat diekspor secara sendiri sebagai file gambar, lampiran email, diekspor ke printer, ke clipboard, atau diupload ke host jarak jauh seperti banyak layanan sosial media atau melalui FTP. Jika gambar diupload ke host jarak jauh, URL yang dihasilkannya dapat disalin ke clipboard.

ShareX sendiri adalah sebuah proyek bernama ZScreen dimulai pada tahun 2007, hostingnya di SourceForge dan pindah ke Google Code pada tahun 2008. Pada tahun 2010, proyek paralel bernama ZUploader mulai menulis ulang inti ZScreen dari pertama. Pada tahun 2012, semua fitur ZScreen telah di support ke ZUploader yang kemudian dikelola ulang dan dirilis sebagai ShareX. Pada tahun 2013, proyek ini dipindahkan ke GitHub karena Google Code menjatuhkan dukungannya untuk download di hosting.

Baca juga:


Tahap instal aplikasi ShareX

  1. Klik aplikasi “ShareX-12.4.1-setup.exe” yang sudah di download, pada halaman License Agreement pilih I accept the agreement kemudian pilih tombol Next.
    Cara Screenshot di Laptop Windows Menggunakan ShareX

     
  2. Pada halaman Select Destination Location, pilih lokasi data instal ShareX kemudian pilih tombol Next.
    Cara Screenshot di Windows Menggunakan ShareX
     
  3. Pada halaman Select Additional Task, pilih dan ceklis dimana saja menu shortcut run ShareX akan di tampilkan, kemudian pilih tombol Next.
    Cara Screenshot Menggunakan ShareX
     
  4. Berikutnya di halaman Ready to Install, kemudian pilih tombol Install. Pada tahap ini perlu diketahui komputer harus terkoneksi dengan internet, dikarenakan secara otomatis akan ter download .NET Framework dan akan terinstal dikomputer anda, fungsi  .NET Framework ini untuk integrasi ke platform windows supaya aplikasi yang selalu update versinya akan bejalan dengan baik.
    Cara Screenshot dengan ShareX
     
  5. Pada tampilan berikutnya ini adalah proses otomatis download dan instal .NET Framework versi 4.6.2, proses instalnya sendiri memakan waktu sekitar antara 8 sampai 10 menit.
    Screenshot di Komputer dengan ShareX
     
  6. Pada halaman terakhir terdapat dua pilihan option yaitu “Yes, restart the computer now” dan “No, I will restart the computer now”, dari pengalaman pribadi ketika memilih option “No, I will restart the computer now”, yang terjadi aplikasi ShareX tidak dapat dibuka dikarenakan belum terupdate ke registry windows. Jadi disarankan pilih option “Yes, restart the computer now”, setelah itu pilih tombol Finish.
     Screenshot Windows Menggunakan ShareX
     

Tampilan menu ShareX ketika dipilih di task bar bawah pojok kanan windows

Screenshot di Komputer Windows

Screenshot dengan menggunakan ShareX

Beberapa fitur dari ShareX :

  • Program aplikasi gratis.
  • Dapat diupdate apabila ada versi terbaru dari developer ShareX.
  • Bisa berdonasi dana untuk pengembangan aplikasi ShareX.
  • Bagi yang bisa bahasa pemograman bisa bergabung dengan developer ShareX, untuk mengembangkan aplikasi tersebut.
  • Berbagai metode untuk merekam layar.
  • Banyak capture  yang dapat disesuaikan.
  • upload file apa pun menggunakan hotkey yang dapat dikonfigurasi, upload clipboard, seret & lepas atau dari menu konteks Windows Explorer.
  • Mendukung lebih dari 80 layanan hosting gambar, teks, dan file yang berbeda.
  • Mendukung banyak layanan pemendekan dan berbagi URL.
  • Berisi anotasi-anotasi seperti pemilih warna layar, editor gambar, penggaris, DNS changer, pembuat kode QR dan masih banyak lagi.
  • Alur kerja yang dapat disesuaikan dan tidak terbatas dengan pengaturan khusus hotkey
     

Sekian tentang cara screenshot menggunakan aplikasi ShareX di windows, selamat mencoba dan semoga bermanfaat . Terima Kasih.

Artikel : Web Design - Cara Screenshot di Komputer Windows Menggunakan ShareX

Contact Us

Hubungi kami disini

"Untuk pemesanan pembuatan website Anda bisa mengisi form atau menghubungi kami pada alamat dibawah ini."

© 2019 Fazz Web. All rights reserved - Sitemap.