Cara Screenshot Menggunakan PicPick di Windows

Merekam apa yang terlihat di layar komputer menjadi gambar di Windows adalah hal yang cukup mudah, tinggal tekan tombol PrintScreen di keyboard lalu copy dan paste ke aplikasi paint di windows setelah itu beres!. Tapi untuk mengambil hasil gambar yang langsung di hadapkan kehalaman aplikasi screenshot yang aktif, tanpa copy paste dan bisa menambahkan menu-menu anotasi untuk edit gambar sebaiknya menggunakan salah satu aplikasi screenshot yaitu PicPick.

PicPick sebuah aplikasi screenshot yang bisa dikatakan fitur-fitur menunya lengkap dan merupakan program aplikasi gratis.

Di sini akan mencoba cara instal dan cara pengambilan screenshot yang berada di layar komputer/laptop dengan program aplikasi PicPick di windows , Untuk dapat menggunakan aplikasi PicPick dapat di download terlebih dahulu di situs https://picpick.app/en/.

Cara Screenshot Menggunakan PicPick di Windows

Tahap instal aplikasi PicPick

1. Klik aplikasi “picpick_inst.exe” yang sudah di download, pada tampilan halaman Welcometo PicPick Setup pilih tombol Next.

Cara Screenshot Menggunakan PicPick

2. Pada tampilan halaman License Agreement pilih tombol I Agree.

Cara Menggunakan PicPick

3. Pada tampilan halaman Choose Install Location pilih tombol Install.

Screenshot Menggunakan PicPick

4. Pada halaman terakhir Completing PicPick Setup pilih tombol Finish.

Cara Menggunakan PicPick di Windows

Tampilan  utama interface PicPick setelah di instal, pada halaman pop up pengaturan Hot Keys pilih tombol No apabila tidak ingin merubah Hot keys nya, kalau ada yang ingin dirubah Hot Keys nya maka pilih tombol Yes.

Screenshot dengan PicPick pada Windows

Tampilan interface Program Option bagian Hot keys, untuk mengatur action melalui keyboard secara custome.

Cara Screenshot dengan PicPick

Untuk melakukan pengambilan screenshot ada dua cara,  yang pertama yaitu menggunakan mouse dengan memilih pada menu shortcut icon PicPick yang ada di Task bar atau di desktop, cara yang kedua bisa dengan menggunakan tombol keyboard yang dimana key nya sudah ditentukan di menu program option dibagian Hot Keys.

Beberapa key penggunaan melalui keyboard :

  • Screenshot satu layar penuh – PrintScreen.
  • Program window aktif – Alt+ PrintScreen.
  • Program window terpilih – Ctrl+PrintScreen.
  • Mengambil bagian tertentu – Shift+PrintScreen.
  • Mengambil bagian yang telah ditentukan (fix) – Shift+Ctrl+PrintSCreen.
     

Setelah mengambil screenshot maka halaman editor PicPick akan terbuka beserta dengan gambar hasil screenshot, di sini bisa menambahkan atau mengedit gambar dengan menggunakan menu-menu anotasi yang telah disediakan oleh aplikasi PicPick.

Screenshot Menggunakan PicPick

Aplikasi PicPick juga bukan hanya memberikan menu anotasi untuk edit gambar seperti pada umumnya tapi ada fitur menu tambahan lainnya seperti penggaris pixel virtual untuk mengukur jarak besar elemen pada layar, kaca pembesar untuk melakukan zoom supaya bagian tertentu gambar supaya lebih jelas, menggunakan kode warna gambar dari segala arah yang tampil di layar dengan menu anotasi Color Picker, penggunaan menu anotasi CrossHair untuk mendapatkan koordinat, mengetahui berapa sudut dari object yang ada dalam layar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tawaran yang diberikan oleh aplikasi PicPick  jauh lebih lengkap dibandingkan Tools screenshot bawaan Windows yaitu Snipping tools, jelas lebih kaya fitur walaupun semua tidak digunakan. Pada umunya hanya penggunaan untuk screenshot, menambahkan anotasi pada gambar, dan penggunaan blur untuk menjaga privasi informasi pribadi, bisa dibilang aplikasi PicPick yang satu ini merekomendasi untuk digunakan.

Secara standar, PicPick juga membawakan editor gambarnya sendiri. Editor gambarnya pun memiliki bermacam-macam fitur yang cukup komplit dan enak dipandang. Sekilas terlihat seperti Paint yang ada di windows, namun ini bisa dibilang lebih dari Paint.

Cara Menggunakan PicPick pada Windows

Di  PicPick juga bisa mengatur action apa yang akan dilakukan ketika telah mengambil sebuah screenshot, Seperti otomatis mengupload ke sosial media seperti Facebook, otomatis simpan gambar, otomatis kirim ke email, dan sebagainya.

Beberapa Kelebihan PicPick :

  • Fitur menu editor yang tersedia cukup lengkap.
  • Pengaturan Hot Keys dapat diatur secara custom.
  • Tampilan interface terlihat elegant.

Beberapa Kekurangan PicPick :

  • Sekilas terlihat tampilannya bukan seperti aplikasi screenshot pada umumnya.
  • Untuk orang awam kurang efesien,karena terlalu banyak menu yang disediakan.

Sekian tentang cara menggunakan aplikasi PicPick di windows , selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel : Digital Marketing - Cara Screenshot Menggunakan PicPick di Windows

Contact Us

Hubungi kami disini

"Untuk pemesanan pembuatan website Anda bisa mengisi form atau menghubungi kami pada alamat dibawah ini."

© 2019 Fazz Web. All rights reserved - Sitemap.