Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows

Screenpresso adalah program screenshot untuk Windows. Program ini dibuat dan didistribusikan oleh Learnpulse dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Screenpresso tersedia dalam 17 bahasa (Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Turki, Georgia, Rusia, Ukraina, Brasil, Portugis, Jepang , Arab, Polandia, Denmark).

Screenpresso Editor adalah program pengeditan gambar dasar yang dilengkapi dengan menu-menu anotasinya. Ini dapat digunakan untuk membuat editan sederhana pada pengambilan layar, termasuk menambahkan panah, mengaburkan bagian tertentu, atau memotong gambar. Fitur yang lainnya bisa menggabungkan gambar atau gambar baru yang disebut "prangko" ke pengambilan layar, menambahkan anotasi, dan perangkat lain untuk meningkatkan kualitas tampilan pengambilan layar secara keseluruhan (efek gambar). Editor Screenpresso menggunakan Microsoft's Fluent Ribbon UI.

Screenpresso menyediakan dua opsi yaitu opsi pengunaan secara gratis dan opsi secara berbayar. Opsi gratis dapat digunakan selamanya, tapi opsi gratis memiliki keterbatasan dibandingkan dengan opsi berbayar.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Screenpresso dapat di download terlebih dahulu di situs resminya https://www.screenpresso.com/download/

Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows

Tahap instal aplikasi Screenpresso

Sebelum menginstal pastikan didalam perangkat windows sudah ada .Net Framework 4.0 keatas, ini digunakan supaya Screenpresso bisa berjalan dengan mulus.

  1. Klik aplikasi “Screenpresso.exe” yang sudah di download, pada tampilan halaman Setup Screenpresso ceklis pada box I accept the lincense lalu pilih bahasa secara default bahasa english, kemudian pilih tombol menu INSTALL on this compute, ini otomatis akan terinstal di drive komputer anda, apabila anda memilih tombol menu Start without installing maka akan di arahkan tempat instalnya diluar drive komputer anda, seperti mengunakan drive Flashdisk atau Hardisk Exsternal.
    Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 2
     
  2. Terakhir, pada halaman Install pilih tombol OK.
    Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 3
     
  3. Tampilan Screenpresso apabila diklik kiri mouse di menu task bar windows pojok kanan bawah.
    Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 4
     
  4. Tampilan Screenpresso apabila diklik kanan mouse di menu task bar windows pojok kanan bawah.
    Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 5

Screenshot capture menjadi lebih mudah dengan Screenpresso

Aplikasi bawaan windows untuk tahap pengambilan gambar yang bergerak diperlukan beberapa tahapan yaitu tekan tombol Print Screen di keyboard, setelah itu gunakan aplikasi paint, dan paste hasil gambarnya. Lalu edit untuk menghubungkan satu persatu gambar video yang bergerak atau format gif  harus menggunakan aplikasi pihak lainnya seperti  window movie maker untuk menyatukan file gambar yang terpisah menjadi seolah-olah bergerak, jadi hal seperti ini terkesan rumit.

 

Tidak sama dengan menggunakan screen - presso dalam proses pengambilan suatu gambar di layar atau halaman web screen capture hanya dengan menekan tombol print screen (printScreenSysRq) yang pada umumnya berada pada bagian kanan atas keyborad. Pengambilan gambar cukup dengan kursor mouse yang digerakan akan menjadi crosshair, dan bergerak diarea layar yang secara otomatis akan menyoroti area tertentu yang dapat ditangkap di capture.

 

Fitur anotasi editornya cukup lengkap dan beragam, disini anda dapat menambahkan teks, tanda panah, kotak, lingkaran, mengaburkan area tertentu di gambar, bisa juga menampilkan efek zoom pada gambar, dan lain-lainnya.

Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 6

Aplikasi Screenpresso juga bisa merekam capture pada layar dalam bentuk video (screencast). Kalau  versi gratis, akan ada tampilan pelabelan berupa watermark yang mencirikan dari produk Screenpresso.

Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 7

Share gambar hasil capture

Screenpresso mempunyai built-in untuk membagi atau menyimpan dalam layanan cloud maka hasil dari pengambilan gambar secara offline dapat langsung di share ke berbagai layanan online, bila ingin membagikan ke berbagai sosial media maka ini sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows 8

Beberapa kelebihan Screenpresso :

  • Instalasi aplikasinya cepat tidak bertele-tele.
  • Menu anotasi untuk editor gambar sangat lengkap.
  • Hasil screenshot akan otomatis akan tersimpan di halaman depan screenpresso dan dapat di edit kembali apabila diperlukan.
  • Layanan untuk share yang diberikan lebih banyak.

kekurangan Screenpresso :

Tidak semua fitur diberikan secara cuma-cuma, untuk menikmati semua fitur harus bayar terlebih dahulu.

Sekian tentang cara screenshot menggunakan aplikasi Screenpresso di windows, selamat mencoba dan semoga bermanfaat . Terima Kasih.

Artikel : Digital Marketing - Cara Screenshot Menggunakan ScreenPresso di Windows

Contact Us

Hubungi kami disini

"Untuk pemesanan pembuatan website Anda bisa mengisi form atau menghubungi kami pada alamat dibawah ini."

© 2019 Fazz Web. All rights reserved - Sitemap.